Berita

REVIU LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

18 Februari 2020 dibaca 232 kali

Benteng Laporan Keuangan atau LK adalah catatan informasi keuangan suatu Daerah pada suatu periode Akutansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan Kinerja Daerah tersebut. Laporan Keuangan juga bagian dari proses pelaporan wajib keuangan. Laporan Keuangan yang lengkap biasanya meliputi; Neraca Laporan Laba rugi dan Aset yang merupakan semua Hak yang dapat digunakan dalam operasi suatu Daerah atau Lembaga Instansi sebagai Sumber Daya atau Kekayaan yang dimiliki oleh suatu Daerah atau Lembaga Instansi tersebut.

 Laporan Keuangan dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui Laporan Keuangan per-periode serta agar dapat mengevaluasi hasil-hasil yang telah dicapai oleh suatu Daerah pada periode sebelumnya dan periode sekarang. Secara umum, tujuan Laporan Keuangan adalah hasil dari proses Akuntansi pada suatu periode waktu tertentu yang merupakan hasil pengumpulan dan pengelohan data Keuangan yang disajikan dengan tujuan dapat membantu dalam pengambilan keputusn atau kebijakan.

“Reviu Laporan Keuangan dilakukan biasanya pada awal tahun sebelum Laporan diserahkan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Reviu Laporan Keuangan ini merupakan kegiatan Tim dari Inspektorat Daerah yang di koordinatori oleh ....., dengan Pengendali Teknis ..... dan melibatkan 7 orang anggota yang bekerja menganalisis Laporan Keuangan Daerah beserta unsur-unsurnya” ungkap Ketua Tim Reviu LK sdr. Abdullah Halim.

Reviu Laporan Keuangan yang dilaksaakan tiap tahun yang biasanya bertempat di Aula Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD).

Laporan Keuangan dalam sebuah Daerah merupakan hal penting yang harus dibuat secara rutin dan kontinue. Laporan Keuangan ibarat sebuah denyut nadi sebuah Lembaga. Sebagai pelaku usaha maupun yang bernaung pada suadu Perusahaan atau Instansi Pemerintah sebaiknya wajib bisa membaca Laporan Keuangan, karena akan sangat membutuhkan untuk mengetahui kondisi Keuangan yang ada pada suatu Daerah, Instansi  atau Badan Usaha bagaimana prospeknya kedepan. Salah satu yang harus  diketahui adalah komponen-komponen yang harus ada pada Laporan Keuangan;

Neraca, Laba rugi, Laporan ekuitas (modal pemilik), Laporan arus kas. Kemudian bagaimana cara;

  1. Menyusun Neraca Saldo
  2. Mengumpulkan data yang diperlukan untuk membuat Jurnal penyesuaian
  3. Menyusun Neraca lajur
  4. Menyusun Laporan Keuangan yang terdiri dari laporan rugi laba dan laporan     perubahan modal serta laporan-laporan lainnya
  5. Menyesuaikan dan menutup rekening-rekening
  6. Menyusun Neraca saldo setelah penutupan.

Dan akhirnya hasil serta manfaat akan lebih baik bagi para pemangku kepentingan, baik para pengguna maupun Pemeriksa Laporan Keuangan Pemerintah. (Mad)