Berita

REVIU APBDESA PERUBAHAN TAHUN ANGGARAN 2020

19 November 2020 dibaca 197 kali

Selayar, Kamis 15/10/2020 - Sesuai dengan arahan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dalam rangka penanggulangan Covid-19 di Desa maka arahan Pemerintah kabupaten kepada Pejabat Desa harus menyesuaikan kebutuhan dan juga penganggaran di dalam Dokumen APBDes. Kebutuhan ini harus disesuaikan dengan kondisi riil dan Mengikuti perundang-undang kemampuan Desa. .

Dalam penyusunan Perubahan APBDes ini, Pemerintah Desa harus memperhatikan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan dengan peraturan perundangan, baik oleh Bupati, Gubernur, maupun Menteri dan juga Presiden. Kegiatan Reviu APBDes ini dilaksanakan di Aula Kantor Inspektorat D        aerah oleh beberapa Tim yang dibagi sesuai dengan Wilayah pemeriksaannya masing-masing yang dikomandoi oleh satu orang (Koordinator), satu orang (Dalnis), satu orang Ketua tim dan dua orang anggota.

Foto MAD

Reviu APBDes ini dilaksanakan dalam rangka mengkroscek baik dari sisi Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan yang dianggarkan oleh Desa. Kegiatan ini juga sangat besar manfaatnya bagi Desa supaya nantinya pada waktu pelaksanaan sesuai dengan regulasi yang ada, dan tidak terjadi tumpang tindih.

Tidak hanya itu Inspektur Daerah H. AR. Krg Magassing, S.H., M.H. juga berharap APBDESA perubahan tahun anggaran 2020 “Kedepannya Pemda dapat bersinergi dan memahami aturan yang telah di tentukan”, Ungkapnya.

Adapun tahapan yang dilakukan dalam kegiatan Reviu APBDes adalah mulai dari penyusunan RKA/RAPB Desa Perubahan atau lazim disebut RKA Perubahan-Desa, penyusunan ringkasan dan rincian APBDes perubahan, musyawarah anggaran Desa dan penyusunan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran Desa atau disingkat DPPA-Desa. (MAD).